Rabu, 27 Agustus 2008

Pelatihan Pengembangan Media Warga di Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati


Pelatihan Pengembanagn Media Warga bagi Relawan di Desa Bulumanis Kidul

PNPM MP Pati Tim Faskel 126

Pelatihan Pengembangan Media Warga yang dilaksanakan di balai desa bulumanis kidul pada hari rabu tanggal 27 Agustus 2008 yang dimulai pada pukul 20.00 WIB ternyata memberi arti dan nuansa baru bagi relawan. pelatihan yang dilaksanakan diharapkan mempunyai hasil yang nyata di masyarakat dan bukan hanya sebatas teori dan konsep saja (tutur Abdul hamid selaku UPL di desa Bulumanis Kidul).

pelatihan ini dibuka oleh Kepala Desa (Gunarto) yang langsung diserahkan kepada tim faskel 126 Pati, dimana personilnya adalah ssebagai berikut :
1. Setyo Awan : Senior Faskel
2. Emy Kurniyati : faskel CD
3. Sutrisno : Faskel teknik
4. Ira Kusumawardani : Faskel ekonomi
5. Fathul Mubin : Faskel CD

Pelatihan ini dilaksanakan karena selama ini masyarakat belum mampu secara mandiri untuk merancang, membuat dan mengelaola media warga yang ada di desa. dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat mampu menemu kenali permasalahan-permasalahan kemiskinan yang ada di desanya, kemudian dituangkan dalam Media Warga desa kemudian untuk disikapi dan dicari pemecahan maslahanya (Media Warga sebagai Problem Solving).

peserta pelatihan meskipun tergolong angkatan tua, tetapi tidak meluluhkan semnagtnya untuk mempelajari dan memahami teknik-teknik dalam pembuatan media warga tutur aris chumaidi sebagai koordinator BKM Sumo Joyo desa Bulumanis Kidul Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati.

pelatihan in i diikuti oleh 10 orang yang terdiri dari (BKM, UPL, UPS, UPK serta kelompok masyarakat peduli) dengan melibatkan 3 orang wanita dalam proses pelatihan ini. keterlibatan wanita/perempuan dalam pelatihan ini mengindikasikan bahwa perempuan memiliki kesetaraan dengan laki-laki. selain itu yang lebih penting lagi adalah diantara kunci keberhasilan PNPM P2KP ini adalah : keterlibatan masyarakat miskin dan kaum perempuan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan di desa.

semoga dengan adanya pelatihan pengembangan media warga ini masyarakat secara bersama-sama yang dimotori oleh BKM dapat merancang, membuat dan mengelola media warga secara mandiri. (Fathul Mubin)

Tidak ada komentar: