Rabu, 27 Agustus 2008

pelatihan media warga

PNPM - MP (P2KP) Kabupaten Pati

Margoyoso, 25 s/d 27 Agustus 2008

Tim Faskel 126 Pati Adakan Pelatihan Pengembangan Media Warga Bagi Relawan

Siang yang terik di Balai Desa Kertomulyo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati pada pukul 14.00 WIB beralangsung kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Warga Bagi Relawan. Kegiatan in i dislenggarakan oleh KMW Provinsi Jawa Tengah Koordiantor Wilayah Kabupaten Pati, dan sebagai pelaksana kegiatan adalah Tim 126 Pati. kegiatan ini dibuka oleh Aziz Wahyudi selaku wakil dari BKM, karena pada waktu itu Kepala Desa Kertomulyo ada tugas dinas yang harus dilaksanakan.

Setyo Awan (25 Tahun) senior Fasilitator beserta segenap timnya yang terdiri dari :
Sutrisno sebagai fasilitator Teknik,
Emy Kurniyati sebagai fasilitator pemberdayaan
Fathul Mubin sebagai Fasilitator Pemberdayaan
Ira Kusumawardani sebagai fasilitator ekonomi
beserta segenap elemen masyarakat yang terdiri dari relawan, UPL, UPS, UPK, BKM, Kelompok Masyarakat Peduli dan Pemerintah Desa Kertomulyo menuturkan kepada Tim Pengelola Media Warga Desa Kertomulyo bahwa pelatihan ini sangat penting bagi masyarakat. Karena dengan adanya pelatihan ini masyarakat diharapkan :

1. Memahami tentang Media Warga dan jenis-jenisnya
2. Masyarakat mampu merancang dan mengelola keberadaan Media Warga di level komunitas
3. Melibatkan segenap elemen masyarakat terutama masyarakat miskin dalam proses pembuatan Media Warga
4. Menjadikan Media warga sebagai penyalur aspirasi masyarakat bawah dan kontrol sosial terhadap kebijakan-kebijakan desa
5. Masyarakat menjadikan Media warga sebagi sarana komunikasi yang efektif sebagai sarana pemersatu warga

Selain itu ditambahkan oleh Achwan dan Aziz selaku koordinator dan anggota BKM "Cipto Mulyo" dalam pelatihan pengembangan media warga ini fasilitator tidak hanya memberi gambaran konsep-konsep yang ada, akan tetapi yang lebih penting adalah fasilitator mampu memberi pemahaman substansi dari pelatihan ini agar nantinya masyarakat dapat merancang, mengatur dan mengelola sendiri media warga yang ada di desanya.

Pelatihan ini diikuti oleh 8 orang yang terdiri dari : BKM, UPL, UPS, UPK dan masyarakat yang berkompeten dalam hal jurnalistik.

Semoga pelatihan pengembangan media warga ini dapat dijadikan sarana pembelajaran terutama bagi masyarakat miskin dan kaum perempuan untuk lebih aktif dalam proses pembuatan media warga. karena diantara indikator keberhasilan dari program PNPM - MP adalah adanya partisipasi aktif perempuan dalam program nangkis.
(Fathul Mubin)


Tidak ada komentar: